Mata Bor

Pengertian dan Jenis Mata Bor Drill Bits

mata bor
mata bor drill bits
Mata Bor atau Drill bits  adalah sebuah alat untuk membuat lubang pada benda-benda tertentu seperti Kayu, logam, kaca,dinding(tembok) serta plastik.Terdapat berbagai macam jenis dan ukuran untuk membuat lubang dengan mesin  berbeda jenis tentunya berbedapula fungsinya.Maka dari itu sebelum kita membelinya.Dikarenakan setiap bahan atau material dasar yang akan kita lubangi memakai  pasti mempunyai kekuatan yang berbeda-beda tentu saja hal ini tidak mungkin bisa dilakukan menggunakan jenis yang sama.Maka dari itu setiap produsen merancang dan membuat berbagai  dan agar bisa digunakan sesuai dengan kriteria yang telah ditetapkan,namun perlu di ingat setiap pasti memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Berikut jenis-jenis drill bits yang dapat kita beli sesuai kebutuhan kita:

  1. Twist bits yang satu ini merupakan salah satu yang sering digunakan dan cukup universal fungsinya. Jenis Twist Bit atau Jobber ini juga dikenal dengan nama Spiralbohrer oleh kalangan teknisi masa lalu yang umumnya menggunakan istilah Jerman .Bisa digunakan pada mesin  tangan maupun  duduk,dengan secara horizontal maupun dengan cara vertikal.twist bits juga dapat digunakan untuk melubangi kayu,plastik serta logam,untuk ukuran yang tersedia dipasaraan saat ini adalah berkisar 4-12mm namun tersedia pula yang ukuran sangat kecil untuk keperluan membuat ulir sekrup. lihat produknya di katalog kami di sini.
  2. Masonry bits merupakan yang dapat digunakan untuk melubangi permukaan yang keras yang terbuat dari batu alam maupun semen biasanya sering digunakan untuk melubangi tembok,beton dan aneka batuan.Ciri umumnya adalah ujung terdapat mata pisau tumpul, biasa terbuat dari bahan yang memiliki karakteristik sangat keras, karena penggunaan ini selain berputar juga memukul Pada ujung memiliki pisau,serta karakteristik dari ini sangat keras dikarenakan penggunaan Masonry bit ini selain berputar tetapi juga memukul,hingga saat ini Masonry yang terdapat dipasaran memiliki ukuran 4-15mm. Masonry Bits juga dibedakan lagi dari fungsi alat yang digunakan, biasa hanya berbeda di bagian pangkal, bentuk yang standar digunakan untuk unit biasa (impact drill / hammer drill) untuk bentuk yang khusus seperti SDS drill bit digunakan untuk unit SDS drill atau Demolition Drill. Lihat produknya di katalog kami di sini, untuk sds lihat di sini.
  3. Spur Drill Bits atau yang dikenal sebagai kayu & keperluan pemasangan engsel. Pada bagaian ujung  ini biasanya memiliki runcing serta bagian kelilingnya terdapat pisau sebagai pengiris.Ujung runcing yang terdapat pada  ini berfungsi untuk menjada  agar tetap lurus dan menghasilkan presisi pada lubang, hingga saat ini ukuran yang tersedia dipasaran berkisaran 6-15mm. Lihat produknya di katalog kami di sini .
  4. Countersink Bits adalah yang biasanya digunakan untuk membuat  lubang pada kayu untuk permukaan yang rata dan pada ujung  ini memiliki sudut 90 derajat berfungsi sebagai pembuat lubang 45 derajat terhadap kayu & digunakan untuk menghilangkan ketajaman / merapikan tepi lubang hasil pengeboran. Tersedia dalam berbagai stile dan ukuran tergantung pada proyek yang dikerjakan. Jenis Countersin ; Bit beralur memiliki satu atau lebih tepi tajam, countersink lubang silang memiliki lubang bersudut di ujung yang berfungsi sebagai tepi tajam. Countersink satu bagian hadir dalam dua rasa utama, yang paling umum dikenal sebagai countersink beralur, yang memiliki flute pendek dengan silinder memanjang di atasnya dengan ujung berbentuk kerucut. Countersink beralur paling khas yang dulu memiliki empat ujung tajam pada kerucut, meskipun countersink beralur satu bagian saat ini lebih umum memiliki jumlah tepi tajam yang ganjil – biasanya satu atau lima . Countersink beralur tersedia dalam beberapa ukuran, mampu memotong lubang berbentuk kerucut yang dimaksudkan untuk memasang sekrup dengan berbagai dimensi kepala. Sebuah lubang pilot pertama kali dibor untuk sekrup, diikuti dengan lubang countersinking untuk memungkinkan sekrup kepala datar terpasang rata dengan permukaan kerja. Sebaiknya gunakan countersink dengan diameter bodi yang hampir sama dengan diameter kepala sekrup; menggunakan satu terlalu sempit tidak akan membuat countersink yang cukup besar untuk menerima kepala sekrup, dan menggunakan yang terlalu lebar berisiko membuat countersink berukuran kawah yang benar-benar menelan sekrup. Jenis countersink satu bagian yang cukup baru yang disebut countersink cross-hole tidak memiliki seruling. Alih-alih tepi tajam yang diasah, memiliki lubang yang dibor melalui kerucut pada suatu sudut. Saat bit berputar, tepi trailing dari lubang membuat potongan. Digunakan dengan cara yang sama seperti bit beralur (lubang pilot pertama, countersink kedua), countersink cross-hole dipotong dengan sangat mulus dan menghilangkan material dengan cepat, dan mereka unggul dalam mengeluarkan chip saat mereka mengebor. pada umumnya harganya sedikit lebih mahal daripada yang memakai flute.
  5. Forster bit merupakan  yang sering digunakan untuk membuat lubang pada engsel sendok.hasil pengeboran / lubang lebih presisi, bersih dan permukaan / dasar lubang rata apabila tidak tembus ini akan lebih stabil digunakan pada mesin duduk daripada menggunakan mesin  tangan,karena akan sulit untuk mendapatkan kestabilan  dan mendapat kualitas yang baik .Forstner dioptimalkan untuk aplikasi pengerjaan kayu dan memotong lubang kayu dengan sangat tepat dan bermata rapi. Karena mereka dirancang untuk menghasilkan jumlah minimum sobekan saat keluar dari material, bit Forstner adalah bit terbaik untuk mengebor lubang. Forstner mengebor lubang dengan alas datar, menjadikannya alat yang diperlukan untuk banyak instalasi perangkat keras yang membutuhkan kedalaman tanggam yang tepat. Forstner dipandu oleh tepi luar yang lebar, tidak seperti kebanyakan , yang dipandu oleh ujungnya. Oleh karena itu, alat ini dapat digunakan bersama dengan drill press untuk mengebor lubang bersudut, lubang yang sebagian tumpang tindih, dan lubang di tepi material. 7-Piece Forstner Bit Set adalah set dasar yang baik dan berisi bit-bit yang paling umum digunakan dari 1/4 “hingga 1”. 16-Piece Forstner Bit Set memberi Anda keuntungan karena memiliki beberapa bit berukuran lebih besar yang lebih mahal hingga 2-1 / 8.
  6. Hole Saw Bits dikenal dengan sebutan gergaji lubang dikarenakan bentuk  ini yang menyerupai gergaji dengan diameter yang dapat diatur sesuai kebutuhan.Pada saat ini  ini tersedia 25-60mm dipasaran.
  7. Mata Bor besi Metal , Lebih tepat mungkin kita sebut gergaji lubang karena bentuk mata bornya yang seperti gergaji dengan diameter yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan. Jenis ini biasanya digunakan untuk melubangi kuningan,alumunium,plat besi dan akrilik,di  metal ini terdapat dua jenis yang berbeda yang beredar dipasaran yakni High Speed Steel(HSS) dan HSS-Co(Cobalt).HSS-Co lebih keras dari HSS,sehingga lebih awet dalam penggunaanya dan dari segi harga tentunya HSS lebih mahal daripada HSS-Co.
  8. Auger Bits merupakan yang seing digunakan untuk menge berbagai jenis kayu maupun material lunak lainya.Memiliki diameter yang lebih besar daripada  kayu yang standar. ini memiliki bentuk ulir tunggal (Single flute) serta digunakan untuk mesin  yang berputar secara rendah. Auger Bit sangat ideal untuk akurasi pengeboran yang cepat saat memproduksi lubang tembus, pra-pengeboran untuk paku kasau dan mengebor lubang batang kayu yang dalam di kayu. Tip pengumpanan mandiri tugas berat menarik bit sepenuhnya, yang memungkinkan pengeboran presisi yang cepat dan mudah. Lubang lurus dan laju pelepasan chip yang tinggi serta peningkatan kecepatan dimungkinkan oleh geometri seruling gesekan rendah bit yang dioptimalkan dengan pusat yang kokoh. Taji penskoran yang dioptimalkan dan cutting edge utama yang presisi di permukaan menghasilkan lubang yang akurat. Sangat ideal untuk digunakan dalam perdagangan bangunan tambahan, untuk tukang kayu dan tukang atap, dan cocok untuk kayu lunak dan keras ini memiliki sistem betis heksagonal dan bekerja dengan semua pengemudi bor dengan chuck 13 mm.
  9. Flat Bit  ini hampir sama dengan  Anuger bit bisa digunakan untuk melubangi berbagai jenis kayu dan material yang bersifat lunak lainnya.Tetapi  ini hanya memiliki bentuk yang pipih(flat). Flat Bit atau sekop memiliki 2 ujung tajam utama, 2 taji potong dan satu titik tengah. Potongan kayu datar tidak terlalu populer di Jerman, berbeda dengan penerimaan luas di negara-negara Anglo-Saxon. Flat bit biasanya digunakan dengan  tangan (manual) serta dengan pemutaran mesin yang sangat rendah serta tidak direkomendasikan untuk  listrik. Flat Bit adalah jenis lama yang dapat digunakan untuk memberikan efek yang sangat baik pada berbagai aplikasi. Mereka lebih murah dibandingkan dengan bor twist atau auger bits, tetapi lubang yang dihasilkan tidak sebersih dan keluarnya lubang tembus pada khususnya sama sekali tidak bebas serpihan.
  10. Hinge ring Bit Mata Bor ini digunakan untuk membuat lubang di kayu ataupun material yang bersifat lunak.biasanya sering digunakan untuk membuat lubang yang memiliki ukuran diameter besar.
  11. Chisel bit biasanya digunakan ini untuk membuat lubang pada sebuah material kayu yang memiliki bentuk kotak ini biasanya dioperasikan dengan mesin Hollow Chisel Mortiser.
  12. Mortiser Bit biasanya sering digunakan untuk membuat lubang geser dikayu,dioperasikan menggunakan mesin mortising
  13. Router Bits merupakan  yang diberfungsi untuk membuat aneka profile atau hiasan sering digunakan oleh pengerajin kayu dan dioperasikan dengan mesin router itu sendiri
  14. Untuk kaca sesuai namanya  ini digunakan untuk menge kaca dan memiliki ujungnya mirip dengan tombak.
  15. Hole saw metal bisa difungsikan untuk membuat lubang dengan bahan dasar terbuat dari metal dan memiliki diameter yang sangat lebar
  16. Core drill bits biasanya mata bor ini digunakan untuk membuat lubang pada pada bebatuan seperti dinding, marmer, granit dan jenis batuan yang lainnya.

Merk yang tersedia di Rajaindotools:

Nippon: NIPPON TOOLS INDUSTRIES Japan Technology menjamin hasil pekerjaan yang sangat baik,bersih,presisi,tajam dan dapat diandalkan. Produk dari Nippon dijamin termurah dan sangat berkualitas tinggi.
Produk ini dapat dibandingkan dengan produk-produk HSS lainnya. sangat cocok untuk pekerjaan konstruksi, bengkel, mebel, bengkel las, hobi, dan lainnya. Tersedia juga produk Hand Tap, Bandsaw / Gergaji.

pivert
Pivert: High Tech Cutters Made in France:

Spesialisasi selama 50 tahun telah memberi kami penguasaan total atas produksi massal alat dengan tingkat kinerja tinggi. Lebih dari 150 peralatan mesin otomatis khusus, dengan kontrol numerik, memberi pelanggan fleksibilitas dan kapasitas produksi yang tinggi.
Produksi Khusus: Latihan gabungan dan latihan langkah khusus. Mde menggunakan blanko standar yang tersedia dalam waktu pengiriman tiga minggu yang dijamin.
The Rigors of Inspection Inspeksi sistematis selama pembuatan dan pemeriksaan akhir 100 persen produksi memberikan jaminan bahwa perkakas yang diproduksi sesuai dengan persyaratan ketat yang digunakan.
Lihat lini produk Pivert Di sini


Lihat produk selengkapnya di katalog kami!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *